SwyoB3gOrS3jN40l0bzNAi6WurWsCFy1dg9FF8yK

Print PDF Terpotong! Begini Cara Mudah Mengatasinya Agar Pas

Jika anda ingin Print File dalam format PDF di kertas A4, A4s, dan F4 tapi hasilnya terpotong maka dengan cara ini anda bisa mengatasinya sehingga hasil cetakan Printer memuat semua isi file di kertas.

Biasanya dan kebanyakan Komputer menggunakan Aplikasi bawaan yaitu Adobe Reader untuk membuka file yang berformat PDF. Oleh karena itu, di sini saya akan memberikan tutorial mengatasi Print PDF terpotong agar pas berdasarkan tampilan aplikasi tersebut.

Cara Mudah Print PDF Tanpa Terpotong


Jika anda menggunakan kertas pendek yaitu A4 atau A4s untuk mencetak maka ketika anda ketik CTRL + P untuk mulai memprint, anda klik Properties, lalu pada ukuran kertas pilih A4.

Jjka anda menggunakan kertas panjang yaitu F4 maka di menu yang sama yaitu Properties, di bagian ukuran kertas pilih Legal.

Setelah ukuran kertas sudah terpilih, anda cukup hilangkan conteng pada bagian choose, lalu anda pastikan bagian Fit tandai aktif. Maka saat anda mulai mencetak, pasti semua isi file muat dalam kertas yang dipilih.

Mau posisikan hasil cetakan di tengah


Jika saat print hasilnya tidak sesuai yang anda inginkan posisinya. Yaitu hasil cetakan ke atas kertas sehingga bagian bawahnya terlihat banyak kosong. Maka cara mengatasinya agar dicetak tepat di tengah, maka yang perlu anda atur cuma posisi cetakannya, Anda pilih Auto, bukan Landscape atau potrait.

Ingin hasil cetakan terdapat ruang kosong dipinggir untuk menjilid


Anda ingin hasil cetakan tidak memenuhi kertas, ada sisi yang kosong agar saat dijilid isi file tidak tertutup. Yang perlu anda lakukan cukup klik custom scale lalu ubah angka menjadi dibawahnya jadi di bawah 100%, misalkan 90% maka hasil cetakan akan menyisakan sebanyak 10% bagian kosong pada sampingnya di kertas.

Membuat cetakan memenuhi kertas


Untuk satu ini, tergantung dari ukuran file bawaan. Jika sesuai maka tidak akan terpotong. Jika tidak maka resikonya akan terpotong. Jika ingin meneruskan maka anda pilih Actual Size. Lalu print.

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai solusi dan cara print PDF terpotong agar pas di kertas yang dicetak. Sebagai pengetahuan tambahan, Fit artinya file dipaksa muat dalam kertas cetakan yang ditentukan. Kalau Actual Size, artinya file harus memenuhi hasil cetakan dan tidak apa isi file terpotong. Dan Custom Scale, File dicetak sesuai ukuran yang diinginkan. Centang Choose, jika aktif maka akan mengikuti ukuran kertas bawaan file, jadi ukuran kertas pilihan anda di menu Properti, tidak akan berfungsi.
Related Posts

Related Posts

Post a Comment