SwyoB3gOrS3jN40l0bzNAi6WurWsCFy1dg9FF8yK

Alasan Novel atau Cerpen Dapat Menarik Minat Bacaku

Ketika aku ditanya, mengapa Novel atau Cerpen dapat menarik minat bacamu?
Aku menjawabnya, "Disaat cerita hidupku tidak menarik saat itulah aku ingin mengalami cerita hidup orang lain. Ketika aku membaca Novel atau Cerpen itu membuatku senang dan serasa mengalami pengalaman baru. Jadi itu menjadi alasanku mempunyai minat membaca Novel atau Cerpen."

Beberapa hal yang juga membuat Novel atau Cerpen dapat menarik minat membaca saya:


1. Cover atau sampul buku Novel. Membuat menarik pembaca karena penasaran dan cerita di gambar tersebut. Kalau saya karena mengingatkan saya dengan suatu pengalaman di masa lalu.

2. Latar belakang penulis atau kepopuleran penulis. Ketika seseorang terkenal karena pengalaman hidupnya. Lalu orang tersebut menulis sebuah Novel tentang hidupnya maka orang akan tertarik membaca Novel tersebut. Kalau saya karena Novelnya dijadikan film dan saya suka filmnya jadi tertarik untuk membaca Novelnya lalu karya Novel lainnya dari Penulis tersebut.

3. Cerita Yang Unik dan Berbeda. Melalui cerita kita bisa melakukan sesuatu yang tidak mungkin terjadi atau sulit terjadi di dunia nyata tapi diinginkan banyak orang cukup dengan membayangkan cerita yang dibaca. Sesuatu yang unik ini menjadikan orang tertarik.

4. Karakteristik atau Sifat Tokoh Yang Beraneka Ragam. Sifat-sifat di dalam cerita pasti ada yang disukai pembaca. Sifat itu menjadi daya tarik dalam membaca suatu cerita.

5. Terdapat Motivasi. Setiap jalan cerita pasti akan meninggalkan pesan yang dapat memotivasi pembaca. Hal ini juga berdampak pada kehidupan nyata pembaca dan juga membuat si pembaca terus melanjutkan membaca.

6. Novel Memberikan Pengetahuan Baru. Ada beberapa Novel yang menyajikan berbagai pengetahuan yang kadang belum diketahui pembaca. Setelah membaca menjadi tahu dan semakin membuat Pembaca meneruskan membaca ceritanya.

7. Mengambil Sikap Yang Positif Dari Cerita. Di dalam cerita pasti ada sikap yang tidak disukai dan sikap yang disukai oleh tokoh-tokoh dalam cerita. Jadi pembaca bisa memilih untuk mengambil sikap tersebut karena tahu respon orang-orang berdasarkan isi dalam cerita.

Demikian hal-hal yang membuat seseorang berminat membaca Novel atau Cerpen. Karena banyak yang dapat diambil, dari pengetahuan, pengalaman hibgga pertualangan hidup. Hanya diam dan membaca, kita seakan-akan bisa muncul di manapun seperti yang diceritakan cerpen atau Novel.
Related Posts

Related Posts

Post a Comment