SwyoB3gOrS3jN40l0bzNAi6WurWsCFy1dg9FF8yK

Pengertian Cerbung

Cerbung adalah singkatan dari kata cerita bersambung.  Istilah cerita bersambung apabila disingkat yaitu menjadi cerbung.  Singkatan  cerbung (cerita bersambung) merupakan singkatan resmi dalam Bahasa Indonesia. Arti cerbung ialah suatu cerita yang terdapat sambungannya dicerita berikutnya.

Tujuan menulis cerbung untuk membuat penasaran pembaca dan juga alasan lain seperti keterbatasan dalam menulis jumlah huruf dari media yang digunakan buat menulis, misalkan Hp. Dan juga karena tidak cukupnya waktu dalam menyelesaikan cerita. Biasanya cerita bersambung (cerbung) banyak disukai remaja dan mudah ditemui di media sosial.
Mereka dibuat terhibur hingga penasaran oleh cerbung.  Jadi kadang remaja banyak menghabiskan waktunya di depan layar Hp. Bahkan tidak jarang mereka tertawa sambil menatap Hpnya. Melalui Hp dengan mengakses media sosial saja, maka sudah bisa membaca cerbung secara gratis dengan santainya.

Karena di media sosial banyak penulis cerbung membagikan hasil karyanya.  Sehingga istilah cerbung semakin lebih sempit lagi dan dikenal dengan sebutan cb. Lebih jelasnya berikut dikelompokkan tentang pengertian cerbung.

Penjelasan / Informasi Lebih Rinci (Detil) :
Akronim / Singkatan : cerbung
Nama Diri / Kepanjangan : cerita bersambung
Kependekan Alternatif : cb
Kepanjangan Alternatif : –
Kesimpulan 1 : cerbung adalah singkatan dari cerita bersambung
Kesimpulan 2 : cerita bersambung adalah kepanjangan dari cerbung
Kesimpulan 3 : cerita bersambung apabila disingkat menjadi cerbung
Kesimpulan 4 : cerbung apabila dipanjangkan menjadi cerita bersambung

Cerita bersambung atau sering disingkat sebagai cerbung adalah suatu bentuk karya sastra kreatif.  Singkatan cerbung hanya dikenal dalam bahasa Indonesia. Cerita bersambung sering membuat penasaran dan membuat pembaca ingin membacanya lagi serta menjadi cikal bakal lahirnya Novel hingga Sinetron.

Sejarah yang diketahui. Asal usul Cerita bersambung dari anak muda yang suka membuat cerita di media sosial facebook dan meminta tanggapan dari pembaca melalui komentar, apakah dilanjutkan atau tidak. Pembaca yang menyukai dan memberikan komentar agar lanjut membuat penulis semangat membuat cerita sehingga terciptalah cerita bersambung dan biasa mereka sebut cb.

Cerita-cerita bersambung jaman sekarang dibuat tanpa rencana dan muncul melalui imajinasi penulis yang dikembangkan serta dibuat terhubung dengan cerita sebelumnya.

Ciri khas cerita bersambung yaitu pasti ada keterangan nomor cerita setelah judul cerbung, seperti "bagian 1","bagian 2", dan seterusnya. Atau "part 1", "part 2", dan seterusnya. Atau "Episode 1", "Episode 2", dan seterusnya. Maupun keterangan nomor cerita dalam bentuk singkat seperti, "Eps 1", "Eps 2", dan seterusnya. Atau hanya angka setelah judul cerbung.

Cerita bersambung dipengaruhi dari dalam berupa hal yang membuat penasaran diakhir cerita dan hal yang membuat penasaran itu akan terjawab pada cerita berikutnya dan kemudian diakhir cerita dibuat hal penasaran lagi dan hal penasaran dijawab dicerita berikutnya lagi. Terus berlanjut hingga menjadi cerita bersambung yang panjang.

Pengaruh luar cerita bersambung tidak lepas dari minat pembaca yang ingin membaca cerita bersambung dan meminta cerita bersambung itu untuk dilanjutkan penulis. Sehingga membuat penulis semangat dalam membuat cerita tersebut.

Ukuran cerita bersambung paling sedikit dua bagian cerita dan paling banyak hingga tanpa batas sesuai kemampuan dan minat penulis untuk melanjutkan membuat cerita.

Genre cerita bersambung kebanyakan berupa horor karena cocok dalam  hal membuat penasaran. Lainnya bergenre detektif, misteri dan romantis.

Cerita bersambung menarik dapat dibaca di blog, situs atau web site ini. Karena di sini selain cerita pendek juga akan menyajikan kumpulan cerita bersambung dengan segala genre. Demikian yang bisa saya sampaikan semoga menambah wawasan kalian.

Untuk kumpulan Cerbung bisa Anda baca di sini.
Related Posts

Related Posts

Post a Comment