SwyoB3gOrS3jN40l0bzNAi6WurWsCFy1dg9FF8yK

Mudah! Cara Buat Formulir Online Pendaftaran Siswa Baru Lewat Hp

Saat ini pendaftaran Online dibutuhkan. Bahkan sekolah yang belum pernah mengadakan pendaftaran online jadi harus melakukannya. Oleh karena itu, berdasarkan cerita pengalaman saya saat membuat formulir online maka saya akan berikan tutorial membuat formulir online untuk pendaftaran siswa baru di Hp.

Keunggulan Formulir Online

Perlu diketahui keunggulan dari formulir yang akan kita buat di sini adalah sebagai berikut:
  1. Cukup buat sekali dan bisa dibagikan berkali-kali
  2. Mendukung upload foto bahkan dokumen hasil scan
  3. Hasil dapat dilihat, dicetak bahkan didownload oleh pembuat formulir

Syarat Membuat Formulir Secara Online di Hp

Tidak banyak yang perlu anda siapkan, cukup daftar pertanyaan di formulir, satu akun gmail, Hp Android dengan akses internetnya, dan terakhir saya sarankan pakai Aplikasi Browser Google Chrome versi Hp.

Cara Buat Formulir Online Lewat Hp

Di sini akan tersedia 10 langkah dilengkapi gambar yang perlu anda perhatikan untuk buat formulir secara online:

1. Login/masuk Ke Akun Gmail Anda

Untuk login anda cukup kunjungi gmail.com dan jika setelah login ke Gmail, muncul tampilan seperti pada gambar di atas, anda cukup klik Gunakan Versi Web.

2. Kunjungi Alamat Untuk Membuat Formulir

Agar mudah bagi anda. Saya siapkan jalan pintas menuju tempat pembuatan formulir secara online di Gmail. Berikut alamat formulir online. Setelah anda klik maka akan menuju tampilan seperti pada gambar di atas. Kemudian yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut:
  • Klik paling atas untuk buat judul atau nama formulir anda, contoh: Formulir Pendaftaran Siswa Baru.
  • Anda kasih keterangan formulir anda dengan klik deskripsi formulir, contoh: SMP Kotabaru.
  • Kemudian anda mulai menulis pertanyaan.

3. Tata Cara Membuat Pertanyaan di Formulir Online

a. Pertanyaan Dengan Jawaban Isian

Anda bisa tuliskan pertanyaan diinginkan, contoh Nama, Tanggal dan Tempat Lahir. Kemudian tentukan jenis pertanyaan. Jika isi jawabannya berupa isian tulisan saja, maka pilih Jawaban Singkat. Kemudian klik untuk aktifkan wajib isi. Setelah itu untuk membuat pertanyaan berikutnya silahkan klik simbol tambah.

b. Pertanyaan Upload File

Anda membutuhkan fitur untuk pendaftar bisa mengupload file, contoh untuk upload pas foto pendaftar dan dokumen hasil scan ijasah atau daftar nilai sekolah sebelumnya, maka yang perlu anda lakukan pada jenis pertanyaan pilih yang Upload file.

Anda ingin file khusus gambar saja yang perlu di upload maka anda klik aktifkan izinkan hanya jenis file tertentu. Lalu klik centang gambar. Lalu seperti biasa, klik aktifkan wajib isi. Dan untuk jenis file dokumen scan, maka anda bisa klik centang bagian pdf. Lalu bila bebas file apa saja anda cukup matikan centang aktifkan izinkan hanya jenis file tertentu.

c. Pertanyaan Dengan Jawaban Dapat Dipilih

Jenis pertanyaan ini berguna untuk pertanyaan yang sudah ada jawabannya dan cukup dipilih saja. Masih dengan cara seperti sebelumnya, tetap dengan cara klik jenis pertanyaan, anda pilih pilihan ganda. Lalu klik saja Opsi untuk isi jawaban yang disediakan dan pilihan jawaban berikutnya cukup klik tambahkan opsi. Kalau sudah klik aktifkan wajib isi.

Salin Dua Link Penting Formulir Online Yang Sudah Jadi


Link pertama terletak di paling atas di halaman yang sekarang anda sedang kerjakan untuk buat formulir online ini. Tujuannya anda menyimpan link ini untuk bisa dikunjungi kembali dan dapat melihat orang-orang yang sudah mengisi formulir termasuk isi formulir tersebut. Untuk mendapatkan link kedua anda klik simbol segitiga menuju samping kanan.

Link kedua adalah link untuk mengisi formulir yang sudah anda buat. Dan ini bisa anda bagikan ke semua orang. Setelah klik simbol segitiga sebelumnya lalu anda klik simbol seperti rantai di gambar atas. Kemudian klik centang perpendek url. Lalu klik salin. Anda bisa letakan link ini di Aplikasi pencatat anda. Saya punya saran aplikasi yang bagus yaitu Writer P.

Jika anda sudah mendapatkan dan menginstal Aplikasi Writer P di Hp anda, maka saat anda gunakan tampilannya seperti pada gambar. Dan di sana terdapat link pertama buat lihat pendaftar yaitu yang panjang dan link kedua untuk pendaftar isi yaitu yang pendek.

Melihat Formulir Yang Di Isi Pendaftar


Jika anda mengunjungi link pertama yang panjang, maka akan dibawa ketampilan saat membuat formulir tapi di sana sudah ada pertanyaan formulir yang anda buat. Kemudian pada bagian atas, anda klik Respon, lalu klik lagi Individual. Nah di sana anda bisa melihat data isian yang telah diisi oleh pendaftar dari Formulir Online Pendaftaran Siswa Baru yang sudah anda buat lewat Hp. Anda juga bisa mendowload tulisan isian dalam bentuk format Excel, dan mendownload foto serta file dokumen yang disertakan. Semoga tutorial ini bisa membantu.



Related Posts

Related Posts

Post a Comment