Menghitung Selisih Jam di Excel Tanpa Ribet

Menghitung Selisih Jam di Excel Tanpa Ribet

Saya kebingungan saat menghitung selisih jam di Excel. Bahkan tutorial yang saya temukan di Google saat mencarinya menurut saya masih ribet atau sulit. Jadi saya coba cari cara yang mudah dan cepat. Dan berikut adalah cara saya.

Seperti pada gambar saya menggunakan rumus yang sederhana. Akan saya jelaskan satu persatu nanti. Sebelumnya dalam menulis waktu, bisa menggunakan format 24 jam seperti pada umumnya. Terdapat dua angka di kiri dan kanan dan pemisah keduanya bisa berupa titik satu atau titik dua. Penulisan seperti ini akan menunjukan waktu dan otomatis akan dideteksi oleh Excel.


  1. Setiap menggunakan rumus di Excel diawali sama dengan lebih dahulu. Jadi anda ketik simbol sama dengan.
  2. Kemudian dalam menghitung selisih waktu, menggunakan rumus biasa, yaitu klik kolom Jam selesai atau keluar lalu ketik simbol kurangi, setelah itu klik kolom jam masuk kerja. Hasilnya akan berupa angka desimal yang tidak kita dimengerti.
  3. Kita ubah angka desimal tadi jadi angka yang kita pahami. Dengan cara kasih kurung rumus tadi, lalu kalikan 24. Ingat simbol kali di Excel berupa bintang yang ada di keyboard. Arti angka 24 di sini yaitu waktu yang terdiri dari 24 jam. Hasilnya akan menunjukan angka bilang desimal yang akan kita mengerti. Yaitu lama jam. Dibelakang koma menunjukan menit.

Menghitung selisih Jam berguna untuk mencari tahu lama waktu kerja karyawan. Jadi jika sudah menggunakan rumus Excel maka mudah dalam menentukan jam kerja dan jam pulang sambil melihat lama jam bekerja. Menguasai rumus ini akan berguna bagi anda suatu saat nanti dalam dunia kerja.

Download Wallpaper