SwyoB3gOrS3jN40l0bzNAi6WurWsCFy1dg9FF8yK

Cara Menulis Cerita Bersambung di Blog Milik Sendiri

Menulis Cerbung di Blog Sendiri


Menulis cerbung di blog artinya anda perlu sebuah Blog. Lebih mudah jika anda membuat Blog. Sehingga anda bisa menulis cerbung di blog sendiri. Di sini saya akan bagikan sebuah cara untuk membuat Blog cerita bersambung, tapi khusus untuk Blog yang berada di Blogger atau biasa dikenal Blogspot. Anda bisa buat blog dengan mengikuti caranya di sini.

Penjelasan Menulis Cerbung di Blog


Agar mudah dimengerti. Saya akan jelaskan dengan membagi dan memberikan istilah khusus. Anggap saja anda membuat membuat postingan pertama untuk sebuah cerbung yang berisikan sinopsis. Ini kita sebut cerbung induk. Kemudian kita buat lagi beberapa postingan berikutnya yang merupakan bagian dari cerita di cerbung induk, ini kita sebut sebagai cerbung anak.

Kemudian kita akan buat cerbung induk memunculkan semua judul cerbung anak secara otomatis dan bila di klik akan langsung menuju ke masing-masing cerbung anak tersebut. Karena judul yang muncul di cerbung induk tersebut merupakan link tautan yang dapat menuju cerbung anak yang saling berhubungan.

Lebih jelasnya lagi agar mudah dipahami saya akan berikan contoh. Sebuah cerbung saya buat dan cukup terkenal dikalangan pembaca cerbung yang berjudul cerbung Ada Yang Aneh. Jika sesuai keinginan anda maka kita bisa lanjut menulis cerbung di blog.


Untuk membuat seperti itu, langkahnya sangat mudah. Anda tidak perlu memasukan link satu-satu. Cukup dengan memberikan label yang sama saja. Meskipun nanti Anda posting cerita acak, misalkan hari ini mau membuat lanjutan cerita bersambung satu dan besok akan membuat lanjutan cerita bersambung dua, maka masing-masing lanjutan cerita tidak akan tertukar tapi akan muncul di masing-masing  di postingan cerita induk.


  • Tag: Cerbung di Blog Sendiri


Menulis cerbung

Cuma satu langkah untuk membuat postingan cerita induk memuat secara otomatis berdasarkan label postingan cerita anak yang merupakan lanjutan cerita. Caranya cukup menyalin kode di bawah ini di kolom html postingan induk, atasnya boleh diberikan judul “Semua Episode”.

<script type="text/javascript">
    var numposts = 100;
    var standardstyling = true;
    function showrecentposts(json) {
      for (var i = 0; i < numposts; i++) {
        var entry = json.feed.entry[i];
        var posttitle = entry.title.$t;
        var posturl;
        if (i == json.feed.entry.length) break;
        for (var k = 0; k < entry.link.length; k++) {
          if (entry.link[k].rel == 'alternate') {
            posturl = entry.link[k].href;
            break;
          }}
        posttitle = posttitle.link(posturl);
        if (standardstyling) document.write('<li>');
        document.write(posttitle);}
        if (standardstyling) document.write('</li>');
    }
    </script>
    <ul>
    <script src=" /feeds/posts/default/-/Judul%20Label?orderby=published&amp;alt=json-in-script&amp;callback=showrecentposts&amp;max-results=999"></script>
    </ul>

Perhatikan tulisan “Judul Label” di atas, ganti kata-kata tersebut dengan judul cerita bersambung atau kata kunci untuk menghubungkan cerita bersambung Anda, kata kunci ini akan menjadi label khusus yang akan menyatukan cerita induk dengan cerita anak. Dan untuk setiap spasi di dalam kode ditulis dengan %20 . Nanti untuk cerita lanjutannya Anda cukup posting dengan label yang sama. Sesuaikan juga besar dan kecil huruf pada label. Demikian cara menulis cerbung di blog sendiri, selamat berkarya.
Related Posts

Related Posts

1 comment